Harga Bitcoin Turun Gara-gara Diborong China

Dimana sekarang perputaran Bitcoin terbesar dunia ? Pasar Bitcoin yang sebelumnya dikuasai masyarakat pasar Eropa dan Amerika Serikat sudah diambil alih oleh pasar China.  Transaksi Bitcoin mencapai 70% seluruh transaksi seluruh Bitcoin di China saat ini yaitu sebesar 222.000 BTC per harinya (110juta dollar perhari / 1,3 trilyun rupiah per hari ).
cnyvsusd

Mata uang utama Bitcoin di dalam USD beberapa tahun belakangan sudah digeser dominasinya oleh China dengan CNY (chinese Yuan). Pemerintah China rupanya tidak hanya menancapkan kuku-kukunya di pasar modal dan ekonomi dunia bahkan juga di dunia Bitcoin.

Hal ini cukup ironi kalau kita melihat liputan media di Indonesia seputar Bitcoin yang sering sekali mengatakan: “Bitcoin dilarang di China”.  Padahal sebetulnya Bitcoin sendiri di China tidak pernah dilarang. Entah darimana sang wartawan-wartawan mendapatkan informasi tersebut. Negara Komunis seperti China yang apabila mengatakan sesuatu tidak diperbolehkan tidak akan membiarkan transaksi Bitcoin seraksasa itu tetap ada di China. Saat ini pemerintah China dan masyarakat China adalah salah satu penentu harga Bitcoin dengan jumlah asset yang dimiliki melebihi dari seluruh aset Bitcoin yang ada di Dunia.

Pemerintah China dengan sangat CERDAS menggunakan Bitcoin sebagai penarik devisa dari berbagai negara internasional masuk ke negaranya menggunakan media trading Bitcoin dengan memberikan regulasi yang mendukung bagi para trader Bitcoin di China. Perputaran yang mencapai lebih dari 110 juta dollar per hari di China

btcinchina

Bagaimana dengan Indonesia ? Indonesia seperti biasanya masih hanya sebagai pengamat dan penonton dari pergerakan ekonomi raksasa ini. Pasar Bitcoin di Indonesia hanya seputar 100 BTC per hari atau itu berarti 0.04% dari total pasar Bitcoin di China. Padahal sebetulnya Indonesia memiliki potensi pasar yang sama besarnya untuk memberikan pemasukan devisa bagi negara melalui perdagangan Bitcoin.

Kenapa pergerakan sirkulasi trading Bitcoin dikatakan ikut membangun devisa negara ? Dikarenakan secara sistem Bitcoin memiliki supply yang sangat terbatas dan teratur yaitu 25 BTC/ 10menit dan akan selalu dihasilkan hingga sirkulasi Bitcoin mencapai 21 juta Bitcoin saja. Bitcoin yang merupakan barang Digital dengan nilai mata uang tertinggi bahkan dibandingkan US dollar dapat dimiliki oleh siapa saja di dunia sebagai komoditas dengan store value yang setara dengan emas. Hingga saat ini Bitcoin dikuasai oleh negara China, Rusia dan Amerika Serikat.

Sampai kapan negara kita akan terus menjadi penonton dari suatu pergerakan ekonomi yang luar biasa ini ? Mari kita bersama-sama membangun pasar perdagangan Bitcoin dalam negeri untuk menaikkan devisa negara. 



« Sebelumnya
« Posting sebelumnya
Berikutnya »
Posting Berikutnya »
Komentar
0 Komentar
Terimakasih atas komentar Anda